Jumat, 12 Agustus 2016

BERSYUKURLAH, YANG MANGKRAK CUMA HAMBALANG



Rupanya geleng-geleng kepala Jokowi berdampak serius. SBY sampai harus membuat kultwit panjang membahas soal Hambalang. Juga menerangkan kegiatannya Tour de Java.

Sebetulnya bukan masalah ada proyek yang tidak selesai. Atau proyek mangkrak. Setiap pemerintahan memang mesti melanjutkan pemerintahan sebelumnya.

Kontuinitas pembangunan harus terjaga. Kalau ada pekerjaan tidak kelar, lalu pemerintah berikutnya menyelesaikan, itu mah lumrah.

Untung cuma proyek Hambakang yang mangkrak. Coba jika proyek album lagu yang belum selesai?

Ini pasti repot. Sebagai pecinta metal, Jokowi pasti memasukan genre musiknya sendiri. Mendengar album yabg digarap dua Presiden itu kita seperti memutar DMasiv dan Metalica secara bersamaan. Dari mengharu biru, tiba-tiba nyelonong raungan melodi yang melengking.

Dan untung juga tidak semua kebiasaan Presiden sebelumnya wajib diikuti. Jaman SBY saban upacara kemerdekaan beberapa potongan lagu karangannya juga diputar. Nah, kalau jaman Jokowi? Apa saat upacara 17 Agustus, harus diputar lagu metal?

Bayangkan, saudara-saudara. Betapa jadi tidak sakralnya upacara itu. Tentara yang biasanya berbaris rapi kini terlihat ber-moshing ria. Melompat dari atas panggung upacara ke arah rekan-rekannya di bawah. Lantas melakukan crowd diving, diusung terlentang di tengah masa. Suara gebukan drum semakin dasyat.

Di ujung yang satu, para menteri dan duta besar mengangguk-angukan kepala (headbanging). Dengan rambut yang awut-awutan. Baju batiknya dan stelan jasnya bubrah. Semburan api, melompat ke udara bersama dengan lengkingan suara vokalis. "Hello Indonesia! R u ready? Yeaahhhh..."

Di pojokan, terlihat para tamu dari partai membentuk lingkaran, melakukan circlepit. Menari bergandengan sambil berputar. Saya belum bisa membayangkan bagaimana model goyangan Fahri dan Fadli.

Coba renungkan, betapa tidak hikmatnya upacara kemerdekaan jadinya. Seliberal-liberalnya Amerika, kayaknya gak gitu-gitu amat, deh.

Jadi bersyukurlah. Yang mangkrak cuma Hambalang. Bukan album lagu...
Load disqus comments

0 komentar