Senin, 15 Agustus 2016

RAZIA KAUM MONORITAS

Berapa banyak orang yang puasa di Indonesia?

Saya ingin membagi imformasi dari data BPS pada sensus 2012. Tapi asumsi jumlah penduduk menggunakan patokan 2018.

Dari 250 juta penduduk Indonesia, 85% muslim atau sekitar 210 juta. Kita asumsikan mereka yang melaksanakan puasa dengan sungguh-sungguh adalah orang dengan usia di atas 10 tahun dan di bawah 65 tahun.

Nah, secara umum penduduk usia 10 tahun ke atas ada 75%, jadi muslim berusia 10 ke ats sekitar 150 juta. Yang berusia 65 tahun ke atas mencapai 10% atau 15 jutaan. Artinya potensi orang yang puasa di Indonesia adalah 135 juta.

Tapi dari jumlah itu pasti tidak semua orang puasa. Komposisi jumlah lelaki dan perempuan hampir sama. Jika perempuan mengalami masa menstruasi rata-rata 5 hari, dalam satu waktu ada 20% perempuan yang tidak puasa. Jadi jumlah potensi orang puasa tinggal 122,5 juta.

Itulah jumlah penduduk muslim di atas 10 tahun dan di bawah 65 tahun yang menjalankan puasa. Pasti gak semua orang muslim berpuasa kan?

Ada yang sakit. Ada musafir, ibu hamil dan menyusui dan lain sebagainya. Katakan jumlahnya dalam satu waktu mencapai 5%. Berarti secara statistik orang yang berpuasa hanya 116 juta orang atau cuma 45% dari seluruh penduduk.

Nah, kan. Siapa bilang yang puasa itu mayoritas? Jumlahnya gak sampai separuh dari total penduduk. Lalu, kaum minoritas ini minta dihormati dengan memberangus rumah makan di siang hari? Itu namanya merampas hak-hak kaum mayoritas.

Masih minoritas aja, kok sombong...
Load disqus comments

0 komentar