Kamis, 30 Maret 2017

AKSI NOMOR CANTIK

Unjuk Rasa
Demo 313
Bagaimana cara merencanakan sebuah aksi masa?

Yang paling utama adalah temukan dulu tanggalnya yang bagus. Ini akan bermanfaat jika ingin dibuatkan poster. Misalnya 212, 313, 911, atau kombinasi angka lainnya. Sebisanya tanggal-tanggal cantik itu jatuhnya pas hari Jumat.

Jangan sampai kamu selenggarakan aksi tanggal 27 bulan September. Angkanya jadi jelek, 2709. Ini sebagai contoh saja.

Ketika sudah menemukan tanggalnya, baru tentukan mau mengangkat isu apa. Soalnya sayang sekali jika tanggalnya nomor cantik tapi gak ada demo.

Soal isu mah, bisa dicari-cari. Apaan kek. Demonstrasi Pak Jokowi karena jarang pakai peci juga bisa. Atau demo Ahok agar mau panjangkan jenggot. Atau Aksi Bela Robin, karena udah gak diajak Batman jalan-jalan lagi di kota Gotham.

Atau Aksi Bela Raisa dari godaan Birgaldo Sinaga. Itu bisa dilakukan longmarch dari Jakarta sampai Batam. Kalaupun harus naik pesawat jangan lupa foto pramugarinya dari belakang.

Langkah selanjutnya cari sumber dana. Emangnya sewa soundsystem, makan siang, ongkos datangkan masa dan honor orator gak perlu dibayar?

Kalau orator yang biasa-biasa aja, mungkin murah. Tapi orator yang berani teriak bakar, kafir, revolusi atau ganyang biasanya mahal tarifnya. Transportasi mereka bukan mobil kelas Avanza. Tapi Rubicon, Alphard atau minimal Pazero Sport.

Tapi apapun persiapannya, sekali lagi, tanggal aksinya harus nomor cantik.
Sebab demonstran yang baik tidak berharap balasan apa-apa. Mereka kudu ikhlas menjalankannya. Harapannya cuma satu : semoga mendapat hoki dari ilahi.
Load disqus comments

0 komentar